Home » » Tips Lengkap Sebelum Membeli TV Baru

Tips Lengkap Sebelum Membeli TV Baru

Sebelumnya, bahwa panduan membeli televisi baru sudah banyak dibahas pada website manapun. Tapi mengingat  sekarang televisi yang ada dijual adalah jenis LED TV,  maka pada halaman ini tidak membahas tentang TV tabung dan TV LCD.

LED TV
Disebut LED TV karena sumber pencahayaan TV tersebut adalah LED atau Light Emiting Diode, yaitu  (bahasa awamnya) berupa lampu kecil-kecil  dalam jumlah banyak, disusun berderet, menyala putih terang / clear.


Kelebihan LED TV

Hemat listrik. Sebagian besar komponen didalamnya hanya memerlukan arus listrik sangat rendah.
Lebih ringan. Komponen layar hanya menggunakan kaca yang tipis, sedang casing dibuat se-minimal mungkin, didalamnya tidak banyak memakai plat besi sebagai penyangga / penguat.
Tidak mengandung komponen berbahaya seperti mercury
Gambar lebih terang dan tajam

Panduan sebelum membeli TV

Ukuran layar. Biasanya seseorang sebelum berangkat menuju toko elektronik sudah berniat ingin membeli TV dengan ukuran sekian inch, tapi setelah melihat ukuran sebenarnya merasa kurang pas atau merasa layar terlalu kecil. Jadi sebaiknya tidak terpaku pada ukuran inch-nya tapi pada fakta.

Fitur.  Sekarang LED TV sudah banyak fitur tambahan,  ada yang support USB ( untuk menonton film dengan USB flashdisk, ada yang support HDMI input,  layar 3 Dimensi, HDTV, Smart TV, dan sebagainya )  Fitur yang lebih canggih tentu harga semakin mahal

Port. TV biasanya dipakai juga untuk memutar Video dari DVD player dan laptop. Pilih TV dengan konektor port yang lengkap yaitu port  HDMI, port VGA dan port RCA. Kalaupun tidak lengkap, pilih TV yang port-nya sesuai pada perangkat yang ada pada DVD player dan laptop Anda.

Garansi. Pilih TV bergaransi resmi dan tempat service centernya ada di kota terdekat di tempat tinggal Anda

Cek Fisik. Terutama pada layar harus dicek fisik secara detail. Ada kecacatan yang hampir tak terlihat yaitu dead pixel, adalah cacat betupa titik hitam atau titik terang pada layar yang tampak ketika TV dinyalakan  yang tidak bisa dihilangkan. Sebelum dibawa pulang cek dengan teliti, karena kalau baru ketahuan ketika sampai dirumah. Walaupun bisa ditukar kembali tapi untuk  kembali ke toko memerlukan waktu dan tambahan biaya ongkos perjalanan.

Merek.  Baca : memilih merek TV paling bagus >>
Powered by Blogger.