Home » » Tombol TV Tidak Pernah Digunakan, Kenapa Bisa Rusak ?

Tombol TV Tidak Pernah Digunakan, Kenapa Bisa Rusak ?

Mungkin sebagian orang merasa heran akan hal ini.  Yaitu tentang tombol TV, baik TV model jadul, model tabung CRT maupun LCD dan yang terbaru TV LED, masalah tombol - tombol yang tidak pernah digunakan, tidak pernah ditekan-tekan, dan  selalu menggunakan remote control, tetapi bisa rusak, contoh :

  • Tombol program (+) ditekan, yang muncul program (-) atau menu lain ( brightness atau contrast )
  • Tombol  volume (-) ditekan, malah suara yang keluar semakin keras ( volume +)
Kalau dipikir-pikir, tombol-tombol tersebut tidak pernah dipakai, karena selalu penggunaannya melalui remote saja. Kenapa bisa rusak ya ??


Contoh jenis switch untuk TV
Tombol atau nama komponennya " switch "  atau " micro switch " biasanya mengalami kerusakan yaitu menjadi kacau fungsinya kalau kita tekan.

Switch kalau kita bedah didalamnya berupa lempengan plat / seng tipis yang menghubungkan dua jalur. Jika switch ditekan, maka dua jalur tersebut menjadi tersambung dan mengirim perintah tertentu pada komponen IC program.

Switch bisa rusak karena adanya debu yang masuk ke dalamnya, ditambah dengan udara yang lembab menyebabkan debu menjadi semakin tebal dan menutup lempengan plat.
Karena adanya hambatan tersebut, fungsi switch menjadi kacau karena dua jalur yang seharusnya tersambung dengan sempurna menjadi tidak sempurna.

Switch bisa diganti dengan yang baru, bisa dibeli ditoko komponen elektronika.
Atau jika anda merasa menggunakan remote control saja sudah cukup, ya sudah ..diabaikan saja masalah tombol-tombol itu....

Baca : Ingin ganti TV dengan layar melengkung? >> 

Baca : Ditinggal pulang kampung, TV harus 'diapain'... >>


 


Powered by Blogger.