Home » » Layar Bekas dan Rusak, Apa Masih Bisa Dimanfaatkan ?

Layar Bekas dan Rusak, Apa Masih Bisa Dimanfaatkan ?

Apakah layar LCD / LED  ( Layar TV, Layar Monitor Komputer, Layar Laptop ) bekas tapi sudah rusak, apakah masih bisa dimanfaatkan ?

Bagi orang Indonesia, barang apa sih yang tak bisa dimanfaatkan ?

- Pada bagian belakang sebuah layar panel, menempel sebuah papan / PCB yang terdapat berbagai macam jenis komponen elektronika. Ini bisa dimanfaatkan untuk sarana belajar elektronika bagi pemula untuk mengenal nama-nama komponen. Di sana ada komponen yang namanya sekering / fuse, resistor, capasitor, dioda, elco, micro induktor, resistor variable,  dan IC yang semuanya adalah termasuk spare part jenis SMD (terbaru), sementara komponen konvensional adalah komponen jenis DIP

Layar LCD - LED

- Kalau layar yang rusak tersebut adalah LED panel, maka Anda dapat mengambil Lampu LED untuk kemudian dibuat sebagai penerangan atau lampu hemat energi dengan sedikit memodifikasi dengan menambah sebuah adaptor.
Kita tahu bahwa ke depan nanti penerangan lampu model bohlam dan lampu TL akan semakin berkurang dan diganti LED. Lampu LED bisa dipakai juga untuk keterampilan elektronika bagi anda yang punya hobby bidang itu.
Dan ingat, bahwa LED pada layar panel itu adalah komponen original dan berkualitas, sehingga keawetannya bisa diandalkan.

- Layar panel didalamnya terdapat kaca yang tebal ( kalau jenis panelnya LCD bukan LED, maka anda akan menemukan kaca yang cukup tebal  0,5 cm ).
Lalu kaca untuk apa ?
Ya...terserah Anda mau gunakan untuk apa, hee...
Powered by Blogger.